Kamis, 29 Agustus 2013

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal


Sudah menjadi kebiasaan manusia ingin memiliki sebuah usaha tanpa harus mengeluarkan modal. Apa mungkin kita bisa berbisnis online tapi tidak perlu mengeluarkan modal? Sebenarnya kalau dibilang tidak pakai modal sama sekali, pastinya tidak ada bisnis yang seperti itu. Paling tidak biaya untuk internet pasti butuh modal juga bukan?

Nah yang dimaksud dengan peluang bisnis online tanpa modal di sini adalah bisni online yang kita kerjakan tanpa harus mengeluarkan modal untuk memulainya. Namun, kita harus punya modal komputer atau gadget lainnya dan juga koneksi internet untuk bisa menjalankannya.

Untuk produk yang akan kita jual, tentunya kita harus memiliki parner atau rekan bisnis. Misalnya jika kamu ingin menjalankan bisnis jual barang fisik maka kamu bisa berpartner dengan toko online yang menawarkan sistem dropship tanpa harus bayar biaya membership. Sedangkan kalau mau jualan jasa, kamu harus memiliki kemampuan khususu yang ingin dijual atau bisa juga memanfaatkan kemampuan orang lain tapi partner tersebut harus orang yang bisa dipercaya

Ada beberapa media yang bisa kita manfaatkan untuk memasarkan barang ataupun jasa yang ingin kita jual, yaitu melalui:

 1. Faceboook

Facebook adalah media sosial yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dan dunia. Setiap hari banyak sekali orang yang membuka situs ini untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Tentu saja ini adalah sebuah potensi bisnis yang harus dimanfaatkan. Kamu bisa mempromosikan barang-barang atau jasa yang ingin dijual melalui Facebook. Supaya menarik calon pembeli, kamu perlu memposting sesuatu yang menarik, misalnya gambar produk atau video yang membuat orang-orang ingin membeli produk tersebut dari kamu.

2. Twitter

Twitter adalah media sosial lainnya yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia dan dunia.Berbeda dengan facebook, twitter ini cenderung lebih dinamis dalam time linenya sehingga kita harus pintar-pinter dalam menggunakannya untuk bisnis online.

3. Aplikasi Messenger Smartphone

Salah satu aplikasi messenger yang sangat terkenal untuk bisnis adalah BBM atau Blackberry Messenger. Promosi dengan menggunakan fasilitas BBM sangat efektif lho, karena setiap pengguna BB saling terkait satu sama lain. Biasanya penjual lewat BB akan memasang barang dagangan pada display picture mereka, dan menuliskan penawaran menarik sebagai status. Terkadang mereka juga mengirimkan pesan broadcast kepada pengguna BB lainnya, tapi jangan sering-sering ya karena akan mengganggu pengguna BB yang lain.