Senin, 25 November 2019

Tips Kesehatan, Mencegah Itu Jauh Lebik Baik daripada Mengobati



Kalimat mencegah lebih baik daripada mengobati tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Apalagi sering perkembangannya zaman pola hidup sehat sudah banyak dilupakan. Banyak orang menyepelakan kesehatan hingga akhirnya harus menanggung resikonya.

Berbeda dengan zaman dahulu, saat ini penyakit pun sudah tak kenal usia. Beberapa penyakit yang dulunya hanya muncul di usia senja pun bisa menimpa para remaja. Berikut beberapa tips kesehatan yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh sehat sejak dini.

Tips Menjaga Tubuh Sehat Sejak Dini


1. Pola Makan Sehat


Banyaknya makanan cepat saji di pasaran tentu menggugah selera. Apalagi rasanya yang enak dan mudah ditemui di berbagai tempat. Namun, bagaimana dengan kandungan gizinya? Hal ini tentu perlu menjadi perhatian tersendiri. Makanan cepat saji tentu tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, ditambah lemak jahat yang terkandung di dalamnya.

Untuk menghindari berbagai resiko terburuk di masa depan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dibandingkan makanan cepat saji, lebih baik mengonsumsi berbagai sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin. Mulai saat ini daripada mengajak keluarga pergi ke restoran cepat saji lebih baik masakkan makanan yang mengandung sayur di rumah.

2. Rutin Berolahraga


Cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh dalam kondisi bugar adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga dapat membantu sistem metabolisme dalam tubuh untuk mengeluarkan zat-zat beracun melalui keringat. Selain itu, tubuh yang sering digunakan untuk berolahraga akan menjadi lebih sehat karena aktif bergerak.
Setidaknya luangkan 15 menit waktumu di pagi atau sore hari untuk sekedar berjalan santai atau melakukan peregangan. Meski terlihat sederhan dampak yang akan dirasakan di masa depan akan sangat berguna. Sebab mencegah lebih baik daripada mengobati.

3. Mencukupi Kebutuhan Air Putih


Air putih merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kebanyakan orang sering mengabaikannya. Di cuaca yang tak menentu seperti saat ini, kebutuhan air putih haruslah dipenuhi untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Bagi orang dewasa setidaknya konsumsi air sebanyak 2 liter setiap harinya atau sekitar delapan gelas. Air dapat membantu aliran darah dan oksigen dalam keadaan normal. Selain itu, air juga sangat penting bagi sistem ekskresi dan sekresi dalam tubuh.

4. Istirahat yang Cukup


Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah istirahat yang cukup. Saat ini banyak orang, khususnya pekerja yang sering begadang tiap malam. Hal ini tentunya dapat mengganggu jam istirahat tubuh. Padahal istirahat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Selain itu istirahat juga dapat membantu organ-organ dalam tubuh rileks dari rutinitasnya. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidur selama 8 jam setiap harinya bagi orang dewasa.

Itulah beberapa tips yang dapat membantu kalian untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, mulailah untuk hidup sehat sejak dini.