Sabtu, 15 Januari 2022

Peluang Bisnis Franchise: Langkah Awal Membangun Usaha


Waralaba peluang bisnis (waralaba) meningkat. Mengapa kita sekarang perlu mengetahui model bisnis ini? Jawabannya adalah karena konsep waralaba lebih besar dan lebih menuntut oleh komunitas yang lebih luas. 

Menurut perkiraan, waralaba warung akan terus meningkat 10 hingga 15%. Perkiraan ini tidak buruk, kita dengan mudah menemukan bisnis waralaba yang tersebar di tempat-tempat strategis. Sekarang kita kenal Indomaret, Alfamart, McDonald, KFC, apotek K-24 yang mudah ditemukan. Merek-merek ini memiliki konsumen besar dan tetap.

Waralaba tidak hanya terbatas pada perusahaan, tetapi juga budaya dan gaya hidup generasi muda. Kita dapat mengambil contoh penutupan McDonald Sarinah (Jakarta) pada Mei 2020. Restoran cepat saji pertama di Indonesia memutuskan untuk menghentikan kegiatan komersialnya. Banyak orang datang untuk menangkap dekat karena tempat menyimpan "ingatan" banyak orang.

Upaya waralaba tidak terbatas pada penjualan produk, tetapi gaya hidup disesuaikan dengan kekuatan milineal. Ada banyak jenis bisnis waralaba yang dapat ditunjukkan, tidak hanya membatasi diri pada tempat makan. Peluang bisnis inilah Anda dapat bekerja dengan serius. Namun, ada baiknya mengikuti pedoman dasar untuk pengembangan bisnis sehingga tidak salah. 

Banyak upaya waralaba dengan merek-merek besar ditutup karena persiapan yang belum matang. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan panduan dasar untuk Anda.

Mengambil Peluang Usaha Franchise

Istilah dalam Usaha Franchise

Sebelum memulai, mari kita mengenal istilah yang banyak digunakan dalam bisnis ini.

1. Franchisor: pihak pemberi waralaba (kita sebut pihak pertama) atau badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak kedua untuk menggunakan dan memanfaatkan hak atas sebuah merek dan juga materi yang berhubungan dan merek tersebut. Franchisor adalah pihak pertama.

2. Franchisee: pihak yang menggunakan nama merek dari franchisor untuk usahanya.  

2. Royalty Fee: biaya pembagian hak atas merek antara pihak pertama (franchisor) dengan pihak kedua. Pembagian ini merupakan hasil kesepakatan dari kedua belah pihak. Kamu harus berhati-hati, karena untung atau rugi, franchise wajib membayarkan royalty fee kepada franchisor. Biaya ini dibayarkan setelah usaha berjalan.

3. Franchise Fee: biaya awal yang harus diserahkan kepada franchisor sebelum memulai usaha waralaba.

3. Revenue: pendapatan kotor atau labar kotor dari usaha yang belum dikurangi biaya beban

4. Supplier: Pihak yang menyediakan bahan baku untuk diolah menjadi produk jadi atau setengah jadi.

5. Profit:  keuntungan, atau bisa juga disebut penghasilan bersih.

Kelebihan Usaha Franchise

Ada baiknya kita memahami lebih lanjut keuntungan dari model bisnis ini. Di paragraf atas kamu sudah diberikan sedikit gambaran dari kelebihan mengembangkan waralaba.

1. Kecepatan ekspansi usaha

Yang menarik dari franchise adalah kamu bisa mendirikan usaha ini di mana saja, termasuk di luar negeri. Luasnya daya jangkau franchise adalah kelebihan utama model usaha ini.

2. Kamu tidak perlu memulai dari nol

Prinsip dari usaha waralaba adalah kamu melanjutkan bisnis dari merek yang sudah mapan dan terbukti sukses. Dalam hal ini, kamu harus pintar melakukan penelitian atau riset usaha mana yang franchiseable (memiliki potensi untuk menjadi franchise). Selain itu, pihak pusat biasanya akan membantu melakukan pengawasan ketika kamu mulai berbisnis.

3. Dukungan Franchisor

Khawatir ketika mau memulai? Tidak perlu takut karena franchisor akan memandu dan mendukung bisnismu. Kamu tinggal menjalankan bisnis ini dengan arahan dari pihak pertama.

Kelemahan Usaha Franchise

1. Pengendalian Penuh dari Franchisor

Apakah kamu ingin melakukan inovasi? Jika iya, keputusan akhir ada di tangan pihak pertama. Belum tentu franchisor setuju dengan usulanmu, karena pihak merekalah yang memiliki kendali penuh.

2. Reputasi Bisnis Mudah Goyah

Prinisp franchise adalah melebarkan usaha merek sebanyak mungkin. Jika satu waralaba memilki reputasi buruk, kemungkinan akan berpengaruh juga dengan reputasi merek perusahaan. Kamu harus hati-hati dalam hal ini ya.

Memulai Peluang Usaha Franchise

1. Persiapkan diri sebagai pengusaha

Usaha franchise tidak bisa menggunakan prinsip jam kantor yang ditentukan delapan jam sehari. Karena itu ada beberapa hal yang harus kamu jadikan komitmen ketika mau memulai bisnis ini.

2. Temukan Usaha yang Cocok

Kamu harus teliti ketika menentukan usaha franchiseabel. Tidak perlu terburu-buru, jika kesulitan kamu bisa mencari referensi dari majalah seperti Info Franchise Indonesia. Jika franchisor melebihkan keuntungan dari merek dagangnya, kamu bisa waspada. Kehati-hatian dalam menemukan usaha yang sesuai dengan kriteria akan membantu mengembangkan bisnismu.

3. Analisis Pasar

Penentuan lokasi perlu analisa pasar. Apakah tempat yang menjadi bisnismu ramai dilewati orang? Apakah ada potensi jam-jam tertentu lokasi tersebut ramai? Pertanyaan-pertanyaan tersebut selayaknya muncul ketika melakukan analisis pasar. Analisis tidak berhenti hanya di tempat, tapi juga harus merambah hingga produk juga.

4. Menghadapi Tantangan dan Resiko

Sudah siap menghadapi tantang dan resiko yang ada? Jika belum buat antisipasinya ya, supaya kamu tidak terlalu kesulitan jika ada hal-hal buruk yang terjadi. Minta bantuan franchisor untuk menganlisis resiko usaha agar kamu tidak kerepotan.

Prinsip-Prinsip dalam Pemasaran Usaha Franchise:

1. Kenali pelanggan dan pasar.

Pastikan bahwa lokasi dan konsumen yang kamu tuju jelas. Tidak ada bisnis yang berhasil tanpa melihat sejauh mana permintaan pasar terhadap usahamu. Oleh karena itu, lakukan riset dengan serius.

2. Tampilan produk adalah alat pemasaran.

Dalam usaha yang dipenuhi persaingan, franchisee harus mempertimbangkan visualisasi produk atau jasa agar menarik perhatian masyarakat. Karena itu penting memikirkan bagaimana tampilan kemasaan produk yang kamu jual.

3. Gencarkan promosi produk usaha franchise

Kamu bisa menggunakan diskon, media sosial khusus yang dibuka dengan nama usahamu, atau menggunakan media TV hingga radio. Selain bersaiang dengan merek usaha lain, kamu juga bersaing dengan sesama merek.

4. Lakukan pelayanan dengan baik

Kamu harus punya startegi untuk membuat konsumen tetap. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan kartu member dengan potongan khusus, pelayanan yang ramah, atau penawaran spesial lainnya.

5. Bangun situs usaha franchise

Situs ini akan berisi diskon di hari-hari tertentu, promo suatu produk, barang baru, kontak yang bisa dihubungi, dan lain-lain. Ini akan memudahkan calon pelanggan yang punya kesibukan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan pesan antar, sehingga situs ini akan sangat membantu.

6. Bangun sistem testimoni

Bagaimana Anda bisa mendapatkan umpan balik (timbal balik) dari pelanggan? Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem testimonial. Ada dua sistem dasar: Apakah pelanggan puas atau tidak puas dengan layanan bisnis Anda? Lakukan evaluasi setiap bulan dengan menggunakan data ini sehingga Anda dapat melakukan perbaikan.

Penutup

Itu sedikit pengetahuan yang harus Anda ketahui ketika akan memulai bisnis ini. Perlu untuk menganggap serius riset pasar, jadi di masa depan bisnis Anda akan lebih berkembang. Nah, apakah artikel ini memberikan pencahayaan pertanyaan waralaba perdagangan? Jika ya, Anda dapat membaginya dengan teman-teman lain sehingga ide bisnis waralaba lebih besar.