Sabtu, 27 Juli 2013

5 Peluang Usaha Modal Kecil yang Akan Populer Sepanjang Masa


Saat ini sudah banyak sekali orang yang membuka usahanya sendiri dan berhasil menjalankan bisnisnya tersebut. Hal ini bisa dilakukan siapa saja karena sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dikerjakan jika kita bijak pintar melihat kesempatan yang ada di sekitar kita.

Memang persaingan bisnis akan semakin ketat setiap tahunnya. Namun, akan selalu ada celah dan peluang bisnis baru yang terbuka bagi mereka yang mau berusaha. Kekurangan modal usaha bukan lagi sesuatu yang bisa menghentikan para pebisnis dijaman modern sekarang ini.

Jika ingin memanfaatkan peluang usaha yang ada di depan mata, maka kita harus cepat dan cermat dalam mengambil setiap kesempatan. Lambat bertindak dan takut gagal hanya akan membuat peluang teresbut diambil orang lain.

Di bawah ini adalah beberapa peluang usaha yang sedang populer saat ini dan banyak dikerjakan oleh pengusaha sukses:

1. Menjalankan Bisnis Waralaba

Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang punya modal tapi tidak mengerti cara memulai bisnis. Bisnis waralaba memungkinkan kita untuk punya sebuah bisnis yang mapan karena kita membeli hak pakai nama merk dagang lain yang sudah terkenal.

Biasanya pemilik waralaba bersedia menyediakan training dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk membuka sebuah usaha waralaba. Kita bisa memiliki bisnis lebih cepat dan bisa belajar lebih banyak tentang bisnis langsung dari pelaku usaha. Ini keuntungan yang harus dimanfaatkan.

Yang perlu diperhatikan adalah memilih brand waralaba yang sudah cukup terkenal dan bisa berjalan dengan baik untuk jangka panjang. Biasanya waralaba makanan atau minuman merupkan pilihan yang sangat baik bila ingin langsung melihat hasil.

2. Menjalankan Bisnis Online

Bisnis online adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan karena selain modalnya sangat kecil dibandingkan dengna bisnis konvensional, untuk mengerjakannya pun tidak terlalu sulit. Tentunya kita harus punya pengetahuan yang memadai agar bisa menjalankan bisnis ini.

Ada banyak sekali jenis bisnis online yang saat ini dikerjakan oleh para wirausaha muda Indonesia. Diantaranya adalah"
  • Jualan produk fisik/ digital
  • Jualan jasa secara online
  • Jualan properti secara online
  • Memasarkan bisnis offline secara online
Bila dijelaskan satu persatu, maka jenis bisnis di internet sekarang ini sudah sangat banyak.

3. Cafe Gaul Life Music

Memanfaatkan kebiasaan manusia sebagai mahluk sosial yang suka berkumpul bersama teman-temannya. Mereka pasti membutuhkan tempat dan wadah yang bisa membuat mereka nyaman berkumpul bersama.

Nah, cafe adalah salah satu tempat yang sangat cocok untuk berkumpul bersama. Peluang usaha ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik munkgin oleh para pebisnis yang mengerti cara mengelola sebuah cafe gaul.

3. Membuat Kedai Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer sejak dahulu hingga saat ini. Bukan hanya orang tua saja yang suka kopi, anak mudah juga suka kopi. Ini bisa dijadikan sebuah peluang bisnis yang sangat berpotensi karena bisa dikombinasikan dengan minuman dan makanan lain untuk melengkapi kedai kopi tersebut.

Kedai kopi ini tidak harus berkesan modern lho karena konsep warung kopi bisa disesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Bila memang butuh desain warung ala urban, maka kita perlu modal untuk dekorasi. Tapi bila warung kopi untuk masyarakat biasa, maka dekorasi sederhana juga bisa menarik para pelanggan untuk minum kopi.

5. Game Online

Banyak anak muda yang suka bermain game online bersama teman-temannya. Ini menjadi salah satu tempat hiburan anak muda jaman sekarang yang sangat booming di daerah perkotaan, misalnya Jakarta.

Yang membuat game online semakin menarik adalah para pemain bisa berinteraksi dengan pemain lain dimanapun mereka berada. Peluang usaha ini tentunya sangat layak untuk dimanfaatkan. Namun, perlu kita ketahui bahwa modal untuk membangun usaha game online ini cukup besar.

Nah, dari 4 peluang usaha masa kini yang telah disebutkan di atas, yang mana paling cocok dengan kamu? Mungkin salah satunya bisa menjadi usaha rumahan yang menguntungkan bagi Anda bila lokasi rumah Anda sangat strategis. Pilihlah jenis bisnis yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan kita agar usaha yang dijalankan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Baca juga:
  1. Ini Keuntungan Berbisnis Online
  2. 4 Peluang Bisnis Online yang Sedang Booming