Senin, 29 Juli 2013

Apa Keuntungan Bisnis Online Dibandingkan Bisnis Konvensional


Jaman yang semakin modern ini memberikan tantangan dan kesempatan baru bagi setiap orang. Tantangan yang muncul adalah semakin banyaknya persaingan dalam bisnis. Namun, kesempatan dan keuntungan dari teknologi yang semakin maju membuat semua orang bisa mengembangkan kemampuannya dalam hal berbisnis.

Kalau kita berbicara tentan bisnis, tentunya kita tidak boleh melupakan bisnis online yang memang sudah sangat booming saat ini. Selain potensi dan kesempatan yang semakin luas, bisnis online juga menawarkan kemudahan dan kelebihan tersendiri dibandingkan bisnis konvensional.


Berikut ini adalah beberapa kuntungan bisnis online dibandingkan bisnis konvensional:

1. Berjalan 24 jam, 7 hari seminggu

Binis online bisa berjalan selama 24 jam dan 7 hari seminggu nonstop, jika kita menginginkan seperti itu. Berbeda halnya dengan bisnis konvensional yang biasanya ada waktu-waktu tertentu untuk operasional dan ada waktu untuk tutup, ditambah lagi hari libur.

Misalnya toko online, sebuah toko online dapat melayani para pelanggan selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Pemilik toko online tidak harus selama itu, tapi dia menyediakan fasilitas untuk menghubunginya di halaman toko onlinenya. Jadi calon pelanggan bisa mengirimkan email atau pesan kepadanya.

Berbeda dengan bisnis konvensional yang tidak dapat buka selama itu. Memang bisa dilakukan seperti itu, tapi biaya operasionalnya akan sangat membengkak dan membuat si pengusaha mengjadi bangkrut, Selain itu, semua orang pasti membutuhkan waktu untuk istirahat karena sudah melakukan kegiatan selam berjam-jam untuk menjalankan bisnis offline mereka.

2. Bisa Menjangkau Orang Lebih Banyak

Tidak seperti toko offline seperti biasanya, toko virtual atau toko online bisa dikunjungi siapa saja dan kapan saja, yang penting ada akses internet. Kita bisa memasarkan produk yang dijual ke orang yang berada di daerah lain, misalnya kita berada di Bandung dan calon pelanggan ada di Medan. Hal ini sangat memungkinkan bagi semua orang untuk mengunjungi toko online kita dan bisa berbelanja secara online.

3. Modal Cenderung Lebih Murah

Untuk membangun sebuah bisnis konvensional pasti membutuhkan modal yang cukup besar. Tidak seperti pada bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal yang jauh lebih murah. Selain itu, pada bisnis offline jika kita ingin membuka cabang baru tentu akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Inilah yang sering menjadi kendala dalam pengembangan sebuah bisnis.

Bisnis online bisa semakin berkembang tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar. Waktu yang dibutuhkan untuk mengatur jalannya bisnis juga relatif lebih singkat. Namun, saya tidak mengatakan bahwa bisnis online sangat mudah dijalankan, karena untuk menjalankan bisnis online, kita harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

Baca juga: