Sabtu, 03 Agustus 2013

Berniat Mencoba Peluang Bisnis Jengkol?


Beberapa waktu yang lalu terjadi fenomena di dalam bisnis perjengkolan. Harga jengkol melambung tinggi, sampai-sampai harga perkilonya lebih mahal dari harga daging. Nah, melihat fenomena ini, peluang bisnis jengkol menjadi sangat menarik bagi beberapa orang.

Yang saya maksud bisnis jengkol di sini bukan jualan semur jengkol di warteg ya, tapi menjadi supplier jengkol. Walaupun jengkol baunya tidak sedap, tapi banyak orang Indonesia menganggap jengkol sebagai makanan yang sedap. Cukup banyak warung makan yang menjual jengkol sebagai menu makanan mereka, terutama warung tegal (warteg).

Jengkol sebenarnya dikonsumsi juga oleh orang-orang di beberapa negara lain, misalnya di Malaysia, Thailand, dan Myanmar. Tanaman jengkol masih termasuk dalam jenis tumbuhan kacangkacangan dan dikenal juga dengan nama dogfruit.

Biasanya harga jengkol di pasaran itu murah, makanya selalu diidentikkan dengan makanan kalangan menengah ke bawah. Namun, melambungnya harga jengkol beberapa waktu yang lalu di karenakan terjadi kelangkaan, membuat jengkol menjadi sesuatu yang dicari-cari walaupun harganya mahal. Harga jenkol pernah mencapai harga Rp 50.000 per kilogram. 

Pelaku bisnis yang opportunist pasti akan langsung memanfaatkan kesempatan seperti ini untuk berbisnis jengkol dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Tapi apakah harga jengkol akan terus tinggi, tentunya ini masih belum pasti.

Kelangkaan jengkol tersebut disebabkan karena para penyedia jengkol atau pemilik pohon jengkol banyak yang menebang pohon jengkolnya karena lahannya dijual atau digunakan untuk kepentingan yang lain. 

Melihat hal tersebut, tentu saja para pengusaha kemungkinan akan mulai beralih dan mencoba berbisnis jengkol. Kelangkaan ini adalah yang pertamakali di Indonesia, apakah akan terjadi lagi di tahun-tahun yang akan datang? Mungkin iya, mungkin tidak, tergantung para pengusaha jengkol tersebut. Nah, mungkin kamu berniat untuk mencoba berbisnis jengkol.

Baca juga:

  1. Cara mendapatkan uang dari internet
  2. Cara daftar twitter dengan cepat
  3. Peluang usaha masa kini yang cukup populer