Minggu, 18 Agustus 2013

Membangun Bisnis Online Yang Dipercaya Pelanggan


Banyak pebisnis online yang gagal mendapatkan kepercayaan dari pelanggan mereka sehingga pelanggan pindah ke tempat lain. Rasa percaya dan nyaman adalah salah satu yang sangat penting dalam bisnis online. Para pengguna internet tentunya akan memilih bertransaksi dengan bisnis online yang sudah punya reputasi dan bisa dipercaya.

Kasus penipuan bisnis online yang marak terjadi di internet membuat para pengguna internet ekstra hati-hati dalam melakukan transaksi online. Itulah sebabnya para pebisnis online harus bisa mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan mereka. Berikut ini adalah yang bisa kita lakukan untuk membangun rasa percaya calon pelanggan:

1. Tanamkan niat baik pada diri sendiri

Sejak awal ketika akan membangun sebuah bisnis online, kita harus menanamkan niat baik pada diri sendiri. Kita tidak berbisnis online hanya untuk waktu yang sebentar tapi untuk jangka panjang. Jangan sampai terbersit sedikit pun dipikiran kita untuk membuat sebuah bisnis online yang menipu pelanggannya karena selain akan merusak reputasi, juga akan mengakibatkan kamu terkena hukum ITE yang bisa berujung pada penjara.

2. Tambahkan kontak pada halaman website

Pebisnis online tentunya memiliki sebuah website bisnis. Dan sudah seharusnya setiap bisnis online mencantumkan halaman kontak valid yang bisa dihubungi oleh calon pelanggan. Selain itu kita juga bisa menambahkan alamat kantor (bila ada), nomor telelpon, BBM, atau yang lainnya.

3. Layanan pembayaran yang mudah

Dengan memberikan layanan pembayaran yang mudah tentunya akan membuat calon pelanggan merasa nyaman untuk bertransaksi. Jika kamu menerapkan cara pembayaran dengan transfer, maka sebaiknya kamu memakai rekening bank yang banyak digunakan orang, misalnya bank Mandiri, BCA, dan BNI.

4. Berikan garansi

Mungkin kamu menjual sebuah produk yang memang sudah terjamin dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dengan memberikan garansi kepada pelanggan, ini akan menambah rasa percaya calon pelanggan untuk berbelanja di toko online kamu. Jadi, jangan lupa untuk menyertakan garansi untuk kualitas barang yang kamu jual.

Baca juga yang ini:
  1. Bisnis dropship ~ bisnis tanpa barang
  2. Bisnis kuliner Angkringan Nasi Kucing 78
  3. Keuntungan bisnis online
  4. 4 peluang usaha masa kini